Perbedaan Utama Antara Pengeringan Biasa dengan Freeze Drying

Rabu, 08 Februari 2017
Perbedaan Utama Antara Pengeringan Biasa dengan Freeze Drying

 

 

Perbedaan Utama Antara Pengeringan Biasa dengan Freeze Drying

·         Kadar air

Tujuan utama pengawetan makanan adalah untuk menghilangkan kadar air sehingga makanan tidak basi dan berjamur. Pengeringan biasa menghilangkan sekitar 90-95% kadar air sedangkan pengeringan beku (freeze drying) mampu menghilangkan kadar air sekitar 98-99%. Makanan yang dikeringkan dengan cara yang biasa dilakukan dirumah masih mengandung kadar air sekitar 10% sedangkan yang dikeringkan dengan cara biasa namun menggunakan peralatan yang modern mengandung kadar air sedikit dibawahnya. Kedua metode ini sama-sama meningkatkan umur simpan produk.

 

·         Umur simpan produk

Hilangnya kadar air dari bahan makanan secara langsung menimbulkan dampak pada umur simpan. Kebanyakan produk kering dengan pengeringan biasa seperti buah-buahan kering, sayur-mayur, dan tepung memiliki umur simpan sekitar 15-20 tahun. Pengeringan beku atau freeze drying rata-rata memiliki umur simpan yang lebih lama sekitar 25-30 tahun untuk produk buah kering, sayuran, dan makanan berbasis daging-dagingan. Idealnya, untuk makanan tersebut disimpan pada suhu 60¬įC atau di bawahnya lagi.

 

·         Kadar nutrisi

Menurut penelitiandari American Institute for Cancer Research, makanan yang dikeringkan dengan pengeringan beku dapat mempertahankan sebagian besar dari kandungan vitamin dan mineralnya sama seperti pada bahan pangan tersebut sebelum dikeringkan. Bagaimana pun membandingkan buah dan sayur segar dengan keduanya yang sidah dikeringkan dengan pengeringan beku akan ada pengurangan vitamin, seperti vitamin C yang dapat pecah sangat cepat.

 

Pengeringan biasa tidak akan mengubah kadar serat dan zat besi dari makanan. Bagaimana pun pengeringan biasa dapat memecah atau mersak vitamin dan mineral selama proses pengawetan dan nutrisi yang dapat bertahannya sedikit jika dibandingkan dengan produk pengeringan beku. Pengeringan biasa cenderung menimbulkan sedikit kerugian seperti hilangnya vitamin A dan C, tiamin, riboflavin, dan niasin.

 

·         Penampilan dan komposisi

Satu perbedaan yang utama antara produk pengeringan biasa dengan produk pengeringan beku (freeze drying) yaitu penampilannya. Produk dehidrasi atau pengeringan biasa terlihat layu-pucat namun kuat sedangkan makanan pengeringan beku terlihat kering layu, dan rapuh. Bobot merupakan perbedaan lainnya. Makanan yang dikeringkan dengan freeze drying sangat sangat ringan, sedangkan makanan dari hasil dehidrasi atau pengeringan biasa lebih memiliki bobot yang jelas berbeda.

 

·         Biaya

Biaya penyimpanan makanan akan tergantung pada apa yang Anda beli. Tapi biasanya makanan yang dikeringkan dengan cara biasa kan lebih murah disbanding makanan yang diproses dengan pengeringan beku atau freeze drying. Manfaat yang ditawarkan keduanya pun berbeda dengan biaya atau harga yang pantas pula. Namun jika Anda memiliki anggaran yang pas-pasan, pilih saja makanan kering biasa.

 

 



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar