Ultrasonik untuk Produksi Kosmetik

Selasa, 24 Mei 2016
Ultrasonik untuk Produksi Kosmetik

Ultrasonik memiliki banyak aplikasi dalam proses pengembangan maupun produksi kosmetik dan personal care pada industri. Aplikasinya berupa emulsi, dispersi, pengecilan ukuran partikel, preparasi liposom, dan ekstraksi bahan aktif pada industri kosmetik. Peralatan ultrasonik dapat diterapkan pada laboratorium riset hingga industri berkapasitas besar. Proses ultrasonik dari produk kosmetik perawatan kulit dan wajah harus memiliki standar kualitas yang tinggi dan terbaik. Teknologi proses yang diandalkan  sangat sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut. Ultrasonik merupakan teknik yang dapat diandalkan untuk homogenisasi dan ekstraksi, menghasilkan produk bernilai tambah yang baik, dan menghasilkan produk yang inovatif. Untuk menjaga kiprah pengembangan dan riset produk kosmetik, homogeniser yang powerful dan dapat diadaptasi dengan proses pengembangan dan riset kosmetik tersebut sangat diperlukan. Hielscher Ultrasonic menyediakan Anda peralatan ultrasonik yang dapat diandalkan pada setiap tahap proses, mulai dari pengembangan formula baru saat riset hingga proses manufakturmnya.

     Emulsi

Ultrasonik adalah teknik terkini yang digunakan untuk memproduksi emulsi dengan ukuran yang sangat baik sepertti mini-, nano-, atau mikro emulsi. Selama pemaparan ultrasonik saat homogenisasi, kativasi yang intens pada pengadukan dua atau lebih fase dapat berubah ukuran partikelnya ke dalam droplet yang sangat kecil. Stabilitas emulsi yang tinggi dapat diraih dengan kecilnya ukuran droplet dan kecilnya polidispersitas dari distribusi droplet. Emulsi sangat relevan hubungannya dengan krim, lotion, serum, minyak, balsam, gel dan lilin.

     Dispersi/Suspensi

    Bahan berbentuk powder atau bubuk, pewarna serta mineral adalah bahan yang lazim yang terdapat pada kosmetik seperti krim, sun screen, lipstik, dan cat kuku. Untuk tujuan keseragaman produk dan kualitas yang baik, pencampuran dan distribusi bedak, pigmen dan partikel harus dapat dipastikan terdistribusi secara merata

     Distribusi partikel

Khusus untuk kosmetik yang bersifat rias wajah atau dekoratif, pigmen harus terbentuk kedalam ukuran mikron dan sub mikron dan harus terdispersi seragam dalam produk. Ketika gelombang ultrasonik terus-menerus memapar ke dalam cairan dan campuran yang kental, kativasi ultrasonik menghasilkan gaya pengadukan yang tinggi yang dapat memperkecil partikel dan pigmen ke dalam sub mikron dan ukuran nano partikel. Khusus untuk kosmetik rias seperti maskara, cat kuku, lipstik, dan rias wajah, distribusi pigmen yang baik adalah suatu tanda bahwa produk berkualitas kualitas, dan distribusi partikel tersebut sangat penting. 

     Ekstraksi

Ultrasonik merupakan teknik yang paling cepat dan efisien untuk meningkatkan rendemen bahan aktif dari suatu tumbuhan seperti antioksidan, polisakarida, terpen, dan fenolat. Sebagai metode non termal, ekstraksi ultrasonik dapat menghindari bahan dari kerusakan dan degradasi bahan aktif yang bermanfaat. Disamping tingginya rendemen ekstraksi, keuntungan ekstraksi ultrasonik yaitu ramah lingkungan karena dapat menggunakan pelarut seperti air atau pun hanya membutuhkan sangat sedikit pelarut kimia, suhu rendah, dan waktu ekstraksinya pun relatif lebih cepat dibandingkan ekstraksi konvensional. Ekstraksi ultrasonik telah teruji sebagai teknik yang baik dan telah berhasil mendapatkan senyawa aktif seperti vit C, vit E, betakaroten, co-enzim, dan asam ferulat.  Selanjutnya, aplikasi gelombang ultrasonik dapat memperbaiki metode ekstraksi tradisional seperti ekstraksi soxhlet, karbondioksida superkritis, dan ekstraksi dengan enzim seperti untuk menghasilkan kolagen.

     Liposom

Komponen aktif harus dienkapsulasi untuk dapat dibawa ke dalam lapisan kulit yang lebih dalam agar terasa manfaat dan khasiatnya. Liposom merupakan pembawa komponen aktif atau nutrisi ke dalam tubuh. Sonikasi menjadi alat yang paling dapat diaplikasikan untuk mengenkapsulasikan komponen aktif atau nutrisi dalam liposom dan untuk mengemulsikannya ke dalam produk akhir.

     Pelarutan

Gelombang ultrasonik sangat efisien untuk melarutkan dan mencampur dua atau lebih fase hingga homogen menjadi produk yang seragam. Pengadukan dengan kekuatan yang besar dari ultrasonik membantu melarutkan bubuk seperti bubuk allantoin. Homogenisasi penting untukmenghasilkan produk berkualitas tinggi dengan karakteristik yang stabil. Karena itu, ultrasonik merupakan metode yang disukai ketika suatu produk akan dibuat melalui proses pelarutan dan homogenisasi.



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar