Ultrasonic Hielscher – Ahlinya Proses Ultrasonik

Senin, 27 Juni 2016
Ultrasonic Hielscher – Ahlinya Proses Ultrasonik

Ultrasonic Hielscher – Ahlinya Proses Ultrasonik


Ultrasonik Hielscher adalah penyedia perangkat ultrasonik berkekuatan tinggi kelas atas. Hielscher menawarkan berbagai varian perangkat ultrasonik untuk laboratorium, bench-top, dan industri. Penerapan ultrasonik yang penting dalam berbagai proses antara lain homogenisasi, emulsifikasi, disperse, deaglomerasi, sonokemistri, dan sonokatalisis.

Homogenisasi Ultrasonik

Homogenizer Hielscher sangat efisien untuk mengurangi ukuran partikel baik partikel halus maupun kasar. Dengan gaya kavitasi yang intens, ultrasonik mampu mengurangi ukuran partikel kecil (baik padatan maupun cairan) di dalam cairan untuk meningkatkan keseragaman dan kestabilan partikel tersebut.

Emulsifikasi Ultrasonik

Emulsi merupakan pencampuran dua atau lebih cairan yang tidak dapat homogeny jika dicampurkan. Intensitas ultrasonik yang tinggi memberikan kekuatan yang dibutuhkan untuk mencampur dan menyebarkan fase cair (fase terdispersi) dalam droplet yang kecil kedalam fase lanjutan. Pada zona disperse, ledakan bola-bola kavitasi menyebabkan guncangan gelombang disekitar cairan dan menghasilkan kecepatan aliran cairan yang sangat tinggi seperti jet. Ultrasonikasi dapat menghasilkan droplet yang sangat kecil dan seragam. Ultrasonikasi merupakan metode yang efektif untuk membuat emulsi yang stabil dan juga membentuk mikroemulsi yang stabil pula.

Dispersi dan Deaglomerasi Ultrasonik

Dispersi menggunakan kekuatan ultrasonik sudah banyak dikenal dan dapat diterapkan serta efisien untuk mencampur bubuk kedalam cairan. Tumbukan dan deaglomerasi partikel yang bersamaan oleh kekuatan tarik fisik dan kimia membuat partikel berubah ukuran menjadi micron dan nano serta menyebar merata dalam cairan.

Sonochemical

Sonochemical atau sonochemistry merupakan penerapan ultrasonik dalam reaksi dan proses kimia. Mekanisme yang menyebabkan efek sonochemical dalam cairan merupakan fenomena dari kativasi akustik.

Ultrasonik berkekuatan tinggi dapat

·         Meningkatkan kecepatan reaksi dan hasil reaksi

·         Menyediakan energi penggunaan yang lebih efisien

·         Meningkatkan kemampuan dari fase transfer katalis

·         Meningkatkan kereaktifan reagen atau katalis

·         Menggunakan agen teknis atau crude

·         Mengaktifkan metal dan solid

Sonokatalisis

Ultrasonikasi memberikan pengaruh kepada kereaktifan katalis selama katalisis berlangsung dengan memperbanyak transfer massa dan energi yang masuk dalam proses. Pada katalis yang heteroge, dimana katalis berbeda fase dengan reaktan, disperse ultrasonik meningkatkan luas permukaan sentuh untuk reaktan. Ultrasonik berperan untuk katalis homogen dan juga heterogen. Kativasi, pemaparan suhu tinggi yang cepat, dan tekanan memberi kontribusi pada dekomposisi molekuler dan meningkatkan reaktifitas beberapa jenis bahan kimia. Iradiasi ultrasonik juga dapat digunakan untuk preparasi katalis misalnya untuk memproduksi agregat dengan ukuran partikel yang halus.


Download PDF


 



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar