Tips Agar Menimbang Jadi Lebih Akurat

Senin, 27 Juni 2016
Tips Agar Menimbang Jadi Lebih Akurat

Tips Agar Menimbang Jadi Lebih Akurat


Suatu ketidakmungkinan mendapatkan hasil yang akurat tanpa menggunakan timbangan analitik. Keakuratan timbangan analitik pun tidak setiap hasilnya benar jika penimbangan dilakukan dengan prosedur yang tidak tepat atau keliru. Terdapat banyak timbangan analitik yang tersedia dari yang paling dasar hingga yang rumit. Berikut 5 tips yang akan meningkatkan keakuratan Anda dalam  menimbang, timbangan apapun yang Anda gunakan.

·         Pastikan timbangan analitik Anda terkalibrasi dan di-Tera/Tare.

Anda harus memastikan bahwa timbangan analitik yang Anda beli dari supplier atau produsen sudah dikalibrasi dengan benar. Mungkin Anda membutuhkan sedikit ongkos tambahan untuk melakukan kalibrasi timbangan yang Anda beli. Selain itu, saat Anda ingin melakukan penimbangan menggunakan timbangan analitik, pastikan Anda melakukan ‘Tare’ hingga layar timbangan menunjukkan angka 0.0000g sebelum sampel diletakkan di pan timbangan.

 

·         Pilih lingkungan yang sesuai untuk mengaplikasikan timbangan Anda.

Kondisi ruangan seperti suhu, kelembaban, dan tekanan udara semua dapat mempengaruhi keakuratan timbangan analitik Anda. Dengan demikian, tempatkan timbangan pada suatu tempat yang konstan atau tetap, jangan sering dipindahkan. Beberapa timbangan memantau faktor lingkungan seperti suhu dan kelembaban selama operasi untuk menentukan ketidakpastian data. Tempat yang bebas atau terhindar dari getaran juga merupakan faktor lingkungan yang ideal. Tempat kerja timbangan yang jauh dari lalu lintas sangat baik untuk bekerja dengan timbangan analitik. Penggunaan meja timbang juga baik untuk meletakkan dan penggunaan timbangan analitik sehingga dihasilkan pengukuran yang akurat oleh timbangan.

 

·         Tangani setiap sampel dengan tepat.

Beberapa sampel memerlukan penanganan ekstra, sampel hangat atau panas harus didinginkan terlebih dahulu, dan sampel yang higroskopis harus ditimbang sesegera mungkin dengan timbangan analitik yang ditutup untuk menghindari penyerapan air yang dapat mempengaruhi pengukuran massa sampel Anda. Pastikan Anda meletakkan sampel tepat di tengah dari pan timbangan analitik.

Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan timbangan analitik yang benar untuk jumlah sampel yang Anda ingin timbang, dan ukurannya sesuai dengan wadah sampel. Beberapa timbangan mungkin tidak dapat mengukur bahan yang sangat kecil, namun ada juga yang mampu menimbang untuk sampel 1 µg. Wadah yang terlalu kecil dapat membuat sampel Anda tumpah, mengotori timbangan, da mempengaruhi keakuratannya.

 

·         Hindari sentuhan dengan bagian tubuh dan gangguan.

Sidaik jari Anda dapat mempengaruhi berat wadah dan menambanh massa. Jadi gunakan penjepi dan sarung tangan untuk menghindari hal tersebut. Meletakkan timbangan pada meja yang tidak stabil dan seimbang juga menyebabkan keakuratan timbangan terganggu. Letakkan timbangan analitik diatas meja timbang yang kokoh dan kuat serta stabil, dan jangan lupa bahwa penggunaan timbangan analitik model penutup juga dapat meminimalkan gangguan yang datang dari udara seperti angina dan tekanan.

 

·         Simpan  timbangan dalam keadaan bersih setelah dipakai.

Terakhir, untuk menghindari kontaminasi sampel dengan kontaminan apapun yang sebelumnya ditimbang, simpan timbangan analitik Anda sama seperti ketika Anda ingin menggunakannya. Timbangan analitik yang baik adalah timbangan yang dapat dengan mudah ‘dibongkar’ untuk mudah dan cepat dibersihkan. Penggunaan kuas yang lembut diperlukan untuk menjaga pan timbangan dan kabin terbebas dari partikulat.

 

Batavia Lab bersama PT. Sentral Laborindo Pratama dapat menyediakan Timbangan Analitik yang powerful dan sesuai untuk kebutuhan laboratorium Anda. Kami merekomendasikan penggunaan produk Timbangan Analitik OHAUS untuk kebutuhan timbangan analitik di laboratorium Anda. Beberapa produk Timbangan Analitik Kami sediakan untuk kebutuhan laboratorium Anda dapat dicek pada link berikut.

 

http://batavialab.com/balance--timbangan/analitik

http://sentrallaborindo.indonetwork.co.id/product/analitical-balance-6251532

 

Selain timbangan analitik, kami juga dapat mensuplai beberapa kebutuhan laboratorium lainnya seperti mikroskop, hotplate stirrer, centrifuge, autoklaf, lemari asam, freeze dryer, ultrasonic cleaner, homogenizer ultrasonic, pH meter, DO meter, Shaker, Evaporator, dan Water Purifier.

Download PDF

 

 



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar