Perlakukan dan Gunakan Timbangan analitik dengan Benar

Jum'at, 20 Mei 2016
Perlakukan dan Gunakan Timbangan analitik dengan Benar

Alat ukur massa yang memiliki ketelitian dan keakuratan dalam tujuan ilmiah dan medis yang sudah tidak asing lagi yaitu timbangan analitik (analytical balance). Ketika berhadapan dengan situasi yang menuntut adanya kebenaran hasil yang mempengaruhi bidang ilmiah dan medis tersebut, pengukuran massa yang akurat dengan tingkat ketelitian tertentu dapat menjadi pembeda antara kesuksesan dan kegagalan, baik dalam laboratorium maupun proses (proses produksi maupun operasi).

Selain pada bidang ilmiah dan medis, timbangan analitik juga diperlukan dalam bidang studi kuliner dan industri baik industri makanan maupun industri secara umum. Setiap bentuk kerja yang memerlukan pengukuran yang tepat dalam studi maupun industri antara lain bahan kimia, material penyusun produk, dan zat lainnya yang bersifat sensitif yang menentukan hasil akhir suatu hasil percobaan ataupun sebuah produk.

Timbangan analitik digunakan pada zat yang umum digunakan di laboratorium untuk menentukan massa zat hingga satuan mikro secara teliti dan akurat. Timbangan analitik juga biasanya dilengkapi dengan ruang transparan sehingga zat yang akan ditimbang terlindungi dari gangguan lingkungan (udara atau angin, kelembaban, maupun suhu ekstrim yang berubah secara cepat dan tiba-tiba) yang dapat mempengaruhi operasi dari keseimbangan alat.

Sampel atau zat yang ditimbang harus ditangani secara hati-hati. Suhu kamar harus tetap dijaga sebelum pengukuran/penimbangan dilakukan. Penyimpangan suhu kamar yang ekstrim atau secara tiba-tiba dapat meyebabkan pembentukan arus udara sehingga menggangu operasi penimbangan dan keseimbangan analitik. Perbedaan suhu juga dapat menurunkan ketelitian dan ketepatan keseimbangan analitik alat. Hindari pula permuakaan yang tidak rata saat menimbang karena selain beresiko terjatuhnya timbangan, guncangan juga mempengaruhi proses dan hasil penimbangan. Pastikan menimbang dilakukan di meja yang ergonimis.

Sebagai instrumen yang presisi, keseimbangan analitik perlu dikalibrasi setiap kali sebelum sampel ditimbang. Namun untuk timbangan analitik yang lebih baru memiliki fitur kalibrasi otomatis dan dapat beradaptasi dengan lingkungan laboratorium ketika diaktifkan.

Sampel yang akan ditimbang, baik bubuk, butiran dan cairan tidak boleh diletakkan langsung di meja timbangan atau panci berat. Butiran dan bubuk harus ditempatkan pada wadah kertas, seedangkan cairan harus ditempatkan pada wadah gelas. Zat higroskopis yang menyerap kelembaban saat terkena udara harus ditimbang secepat mungkin untuk mendapatkan asil yang akurat dan tepat. Hal yang juga perlu diperhatikan yaitu zat beracun dan mudah terbakan harus ditangani sangat hati-hati ketika ditempatkan ke dalam wadah yang tepat.

Penggunaan wadah pada timbangan analitik dapat mengubah angka pembacaan timbangan untuk massa sampel atau zat. Untuk itu, saat ini timbangan analitik sudah dilengkapi dengan fitur tera. Namun jika tidak ada fitur tersebut, tera bisa dilakukan secara manual.

Hal yang harus diperhatikan, ruang berat atau pun meja timbangan harus terbebas dari partikel debu, setiap saat. Sedikit pun kotoran dapat mempengaruhi hasil penimbangan Anda menjadi lebih besar walaupun dalam jumlah kecil karena instrumen ini bersifat sangat sensitif. Pastikan juga untuk selalu menutup meja timbang dan menjaga pintu ruang berat ditutup sepanjang waktu (bagi timbangan analitik dengan pintu seperti OHAUS Discovery, Explorer, dan Pioneer Series)

Dalam membersihkan meja timbang atau panci berat harus berhati-hati. Tidak diperbolehkan menyentuh panci berat tanpa sarung tangan agar tidak meninggalkan kotoran dan sidik jari Anda. Gunakan kain bersih yang lembut atau sikat lembut yang steril saat membersihkan timbangan analitik.  



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar