Pemeliharaan Mikroskop

Selasa, 13 November 2018
Pemeliharaan Mikroskop


Perawatan optik/lensa dan mekanis yang rutin dilakukan pada mikroskop dapat memastikan bahwa mikroskop dapat berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun. Mikroskop biologi umumnya harus diservis setelah sekitar 200 jam penggunaan. Untuk penggunaan di sekaloah, servis mikroskop mungkin dilakukan setiap tiga tahun, atau mungkin lebih sering jika mikroskop digunakan setiap hari dalam intensitas yang sering.

 

Penanganan dan Penyimpanan Mikroskop

Sebagian besar masalah mikroskop terjadi sebagai akibat penanganan yang tidak tepat. Saat membawa mikroskop, pegang selalu dengan pangkal dan lengan penopang logam. Jangan mengambilnya dengan memegang mekanikal stage, karena ini dapat menyebabkan penyelarasan pada tahap mekanis. Jika Anda akan memindahkan mikroskop sering dari satu lokasi ke yang lain Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk membeli tas mikroskop.

 

Ketika mikroskop tidak digunakan, penutup harus dipasang agar mikroskop terhindar dari debu. Hal sekecil ini saja dapat memperpanjang umur mikroskop Anda. Bahkan jika mikroskop disimpan di dalam lemari khusus, Anda harus tetap menutupinya dengan penutup debu. Jangan menyimpan mikroskop tanpa eyepieces, meskipun tertutup. Ini dapat memungkinkan debu terkumpul di dalam tabung mata yang sulit untuk dibersihkan. Jika eyepieces mikroskop harus dilepaskan, cukup tutup tabung dengan tutup atau kantong plastik dengan karet gelang di sekitar tabung mata.

 

Jika Anda menggunakan minyak imersi lensa obyektif daya tinggi (biasanya 100x) dan lensa kondensor harus dibersihkan secara menyeluruh sebelum disimpan. Setelah menggunakan mikroskop, matikan iluminator dan tunggu hingga dingin selama beberapa menit sebelum menyimpannya. Dengan membiarkan bohlam menjadi dingin Anda akan memperpanjang umurnya. Juga, pastikan Anda tidak menyimpan mikroskop Anda di daerah yang memiliki asap dan uap kimia yang bersifat korosif yang dapat merusak lensa atau bagian-bagian logam dari mikroskop.

 

Membersihkan Lensa Eyepieces Mikroskop

Lensa mikroskop dapat dengan mudah tergores dan harus diperlakukan dengan sangat hati-hati. Jangan gunakan instrumen tajam atau apa pun yang abrasif untuk membersihkan lensa mikroskop. Untuk membersihkan lensa mata mikroskop atau lensa objektif mikroskop, basahi kertas lensa dengan larutan pembersih lensa dan bersihkan lensa dengan gerakan melingkar. Anda dapat mengeringkan lensa dengan kertas lensa yang kering dan setelah selesai gunakan aspirator untuk menghilangkan kotoran atau partikel yang tersisa.

 

Untuk menentukan apakah eyepieces mikroskop Anda perlu dibersihkan, kendurkan sekrup set kecil untuk lensa mata (jika ada) dan putar lensa mata dengan gerakan melingkar sambil melihat melalui mikroskop. Jika ada partikel debu yang berputar saat Anda memutar lensa mata, lepaskan lensa mata dari mikroskop dan bersihkan kedua sisi lensa dengan kertas lensa. Jika Anda perlu menggunakan cairan apa pun untuk membersihkan, dianjurkan air suling. Anda tidak disarankan untuk mengambil lensa mata secara terpisah, karena biasanya ada beberapa lensa di lensa mata dan mereka dapat sulit untuk disatukan kembali dalam urutan yang benar.

 

Membersihkan Lensa Objektif

Untuk menentukan lensa objektif mana yang perlu dibersihkan, ambillah kaca geser kosong dan letakkan di bawah mikroskop Anda. Setelah fokus mikroskop Anda harus dapat memindahkan slide dan menentukan apakah debu yang terlihat bergerak dengan slide atau tinggal di tempat yang sama (yang berarti debu berada di lensa objektif).

 

Ketika menggunakan minyak imersi untuk mikroskopi, minyak harus selalu dibersihkan dari lensa objektif mikroskop segera setelah digunakan. Ini dapat dilakukan dengan selembar kertas lensa, tidak ada larutan pembersih yang diperlukan. Kadang-kadang debu dapat menumpuk di permukaan yang diminyaki sehingga jika ingin benar-benar menghilangkan minyak imersi, maka pelarut yang larut dalam minyak harus digunakan untuk memnersihkannya. Untuk Cargille Type A atau B minyak perendaman yang kami jual, Anda dapat menggunakan Naptha, Xylene, atau terpentin (menggunakan jumlah yang sangat kecil pada kimwipe). Jangan gunakan air, alkohol atau aseton karena minyak tidak larut dalam pelarut ini. Untuk menghilangkan zat berminyak lainnya, kami sarankan menggunakan detergen yang disebut Wisk dan siapkan larutan 1 bagian Wisk hingga 100 bagian air.

 

Jika minyak perendaman tidak dibersihkan dari lensa objektif setelah digunakan dan telah mengeras pada lensa objektif tersebut, basahi sepotong kertas lensa dengan sejumlah kecil air suling dan tempelkan dengan menahan dipermukaan lensa selama beberapa detik untuk melarutkan minyak. Jika tidak berhasil, cobalah alkohol. Isopropil alkohol adalah salah satu pelarut terbaik tetapi harus setidaknya 90% + murni (jangan gunakan alkohol 30% air). Jika Anda memiliki sesuatu seperti Balsam menempel pada lensa, Anda harus menggunakan pelarut yang lebih kuat seperti Aseton atau Xylene. Aseton tidak boleh diletakkan di bagian plastik, karena akan melarutkan sebagian besar cat dan plastik. Setelah menggunakan pelarut pastikan untuk membersihkan lensa objektif lagi dengan air suling standar untuk memastikan bahwa Anda telah menghilangkan semua pelarut dari lensa objektif mikroskop.

 

Pemeliharaan Mekanik

Setiap mikroskop harus dilengkapi dengan panduan pengguna. Selalu konsultasikan manual pengguna ini sebelum melakukan penyesuaian pada mikroskop. Jangan terlalu mengencangkan atau menggunakan pemaksaan saat melakukan perawatan apa pun pada mikroskop Anda. Ini dapat merusak bagian logam di mikroskop.

 

Pengaturan Diagram Nosepiece Mikroskop

Nosepiece mikroskop terkadang menjadi terlalu longgar atau kencang. Umumnya ada mekanisme penyesuaian pada nosepiece. Pelonggaran sederhana atau pengetatan sekrup berkepala slot di bagian tengah nosepiece biasanya akan menyelesaikan masalah.

 

Penyesuaian Kenop Fokus

Anda dapat mengatur tegangan tombol-tombol yang halus dan kasar. Beberapa mikroskop disesuaikan dengan memutar kenop pada setiap sisi mikroskop dalam arah yang berlawanan. Mikroskop lain akan memiliki kerah yang bisa diatur pada poros dan memerlukan penggunaan kunci pas khusus untuk melakukan penyesuaian (ini biasanya datang dengan mikroskop saat dibeli).

 

Menghindari perbaikan mikroskop terkadang hanya melibatkan sedikit pengetahuan tentang mikroskop Anda. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda menghindari perbaikan mikroskop.

 

Baca instruksi manual mikroskop. Kebanyakan orang tidak pernah membaca instruksi manual dan meskipun itu mungkin tampak membosankan bahkan sangat membosankan, sering ada informasi yang baik dalam manual mikroskop yang dapat menghemat waktu dan pusing di kemudian hari saat penggunaan.

 

Jangan mencoba membongkar mikroskop Anda, selain langkah apa pun yang disediakan di manual.

 

Debu dan kotoran adalah penyebab utama masalah mikroskop. Ketika mikroskop tidak digunakan, tutupi dengan penutup debu mikroskop.

 

Jika Anda tidak dapat memutar kenop fokus, Anda mungkin hanya perlu melonggarkan ketegangan pada kenop.

 

Jangan memutar kenop fokus kasar dan halus melewati batasnya dan jangan memegang kedua sisi dan putar ke arah yang berlawanan.

 

Gunakan minyak imersi dengan hemat - hanya satu tetes saja yang diperlukan. Bersihkan lensa setelah menggunakan minyak imersi, bahkan jika Anda berencana menggunakannya lagi besok. Ini dapat menambahkan rentang hidup yang lebih panjang ke lensa objektif. Pelajari lebih lanjut tentang kapan, mengapa, dan bagaimana menggunakan minyak imersi.

 

Jangan bersihkan lensa mikroskop dengan tisu. Pastikan Anda menggunakan kertas pembersih lensa (seperti kertas yang digunakan untuk membersihkan lensa kamera).

 

Ketika tidak digunakan, simpan mikroskop di lingkungan kelembaban rendah di mana jamur tidak mungkin terbentuk, sebaiknya ditutupi dan dalam kasus mikroskop untuk mencegah debu.

 

Setiap hari ketika Anda selesai menggunakan mikroskop, pindahkan lensa objektif terendah (biasanya 4x) kembali ke posisinya. Ini akan memastikan bahwa saat berikutnya mikroskop digunakan, panggung tidak menabrak lensa dan merusak lensa atau sampel Anda.

Mikroskop rheostat control Ketika Anda selesai menggunakan mikroskop, sesuaikan kontrol pencahayaan rheostat ke pengaturan minimum sebelum mematikan sakelar. Ini memperpanjang umur bohlam.

 

 

Pelumasan Permukaan Gerak Mikroskop

Setiap tahun bagian yang bergerak pada mikroskop harus dibersihkan dan dilumasi. Bersihkan minyak dan kotoran dari permukaan geser menggunakan kain bersih. Oleskan lapisan yang sangat tipis dari gemuk berbasis lithium ke permukaan geser. Jangan gemuk gigi rak dan roda gigi pinion.

 

 

Penggantian Bohlam

Instruksi penggantian bohlam mikroskop dapat ditemukan dalam instruksi manual mikroskop. Pastikan untuk menggunakan bohlam pengganti yang benar. Selalu biarkan bohlam mendingin sebelum menggantinya. Hindari menyentuh gelas bohlam dengan tangan kosong Anda, karena sidik jari dan partikel debu yang tersisa di bohlam dapat terbakar ke dalam bola lampu dan mengurangi umur bohlam serta kualitas cahaya yang dihasilkan oleh bohlam. Lampu LED cenderung bertahan paling lama, umumnya 100.000 jam. Sebagai perbandingan, tungsten bulbs umumnya tidak akan bertahan lebih dari 100 jam.

 

sumber : www.microscopeworld.com

 

 

 

 

 



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar