Mikroskop yang Tepat untuk Anak

Rabu, 25 Mei 2016
Mikroskop yang Tepat untuk Anak

"Aku harus membelikan anakku mikroskop compound atau stereo?"

Pertanyaan itu mungkin menjadi pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada kami. Sebagai jawaban yang tepat, sesuaikan dahulu pada kemampuan kognitif anak Anda. Namun ada beberapa pedoman yang bagus yang akan kami rekomendasikan.

Ada dua faktor utama yang menjadi pertimbangan.
1. Usia anak
2. Tingkat kepentingan

Untuk anak yang berusia dibawah 9 tahun, mikroskop stereo menawarkan fitur yang sesuai dan midah digunakan. Spesimen serangga, hewan kecil, batu, bunga, dan daun yang disukai anak-anak lebih dapat diamati menggunakan mikroskop ini karena mereka dapat melihat objek yang mereka temukan di sekitar rumah atau kebun secara tiga dimensi, tentunya menjadi lebih besar.

Mikroskop stereo menggunakan kekuatan pembesaran yang rendah sekitar 50x atau bahkan kurang, namun lebih fokus ketimbang di level yang lebih besar seperti sampai 1000x pembesaran. Anak-anak dapat dengan mudah menggunakannya, termasuk mengatur dan menyetelnya serta minimal melakukan preparasi spesimen yang akan diamati. Untuk anak-anak, pertimbangan dua lensa pengamat/okuler menjadi hal yang penting mengingat struktur wajah anak kecil yang memiliki jarak antara kedua matanya yang belum tepat dengan jarak antara dua teropong okuler. Satu teropong lensa okuler menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi hal tersebut. Dengan demikian mikroskop stereo dapat membantu anak mengembangkan minatnya dalam bidang sains.

Mikroskop Compound menggunakan kekuatan tinggi dengan pembesaran 40x - 1000x yang digunakan untuk mengamati spesimen mikro yang tidak terlihat dengan mata telanjang seperti sel. Mikroskop ini memiliki kompleksitas yang tinggi dan dapat menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya, tergantung sudut pandang pengguna. Kompleksitasnya yaitu proses preparasinya serta pengaturan yang membutuhkan waktu yang lebih lama daripada mikroskop stereo, namun secara fungsi lebih unggul untuk mengamati spesimen yang bersifat seluler. Bagi anak, mikroskop ini kurang cocok jika tidak didahului dengan edukasi penggunaan yang mudah dan tepat. Untuk menggunakan mkroskop ini, anak perlu didampingi orang tua yang juga paham tentang mikroskop ini.




  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar