Mikroskop Inverted dan Mikroskop Tegak

Jum'at, 27 Mei 2016
Mikroskop Inverted dan Mikroskop Tegak

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mikroskop majemuk atau compound dan mikroskop stereo, kali ini kami akan memberi penjelasan tentang pembagian mikroskop modern dari segi bentuk frame atau rangkanya, mikroskop inverted atau terbalik dan mikroskop tegak.


Mikroskop Inverted,

Mikroskop ini seperti namanya, terbalik. Dapat digambarkan sebagai mikroskop dengan lensa objektif menghadap wadah preparat yang berada diatasnya. Sumber cahayanya pun berada diatas meja preparat. Mikroskop inverted digunakan untuk mengamati specimen yang besar dan dipengaruhi oleh gravitasi seperti mengamati bahan, kultur sel, dan specimen air. Kultur sel dan specimen air biasanya berkumpul di dasar awadah saat diamati. Satu-satunya cara untuk mengamatinya yaitu dengan mengamatinya melalui bagian bawah wadah.

Mikroskop Inverted hadir dalam dua ukuran sesuai penngunaannya, yaitu untuk penggunaan rutin dan riset. Ukuran rutin lebih kecil dan penggunaannya terbatas, seperti memiliki fokus yang tidak terlalu baik karena penggunaannya tingkat rendah hingga menengah saja. Meja preparatnya tidak begitu fleksibel dan kameranya kalah bagus dari mikroskop inverted untuk riset.

Sementara itu, mikroskop inverted riset dirancang untuk melakukan segala pengamatan mikroskopis dengan jangkauan yang luas. Mikroskop ini dilengkapi dengan asesoris lainnya seperti kamera 35 mm, Tv, dan lainnya. Pencahayaan mikroskop ini menggunakan pencahayaan Kohler. Kelebihan-kelebihan itulah yang menjadikannya sebagai mikroskop yang besar, mahal dan kompleks, namun memiliki fungsi jankauan yang luas.

img-1464334872.jpg

Mikroskop Tegak,

Mikroskop tegak hadir dalam 3 ukuran dalam hal penggunaannya, yaitu mikroskop siswa, bench top, dan riset. Ketiganya berbeda pada harga, kemampuan, dan pencahayaannya. Bench top dan riset menggunakan pencahayaan Kohler, sedangkan mikroskop siswa menggunakan pencahayaan difusi.

Mikroskop Siswa. Mikroskop siswa menjadi mikroskop yang paling kecil dan paling tidak mahal atau lebih mudah dari ketiganya. Mikroskop ini dirancang untuk ruangan dengan pencahayaan yang terang. Selain itu juga harus kokoh dan mudah digunakan. Mikroskop siswa umumnya dijual untuk sekolah-sekolah, dan juga digunakan dokter karena penggunaannya mudah dan sederhana, murah, serta kokoh. Jika Anda tidak membutuhkan mikroskop dengan kinerja yang sangat tinggi, sangat penting mempertimbangkan untuk membeli mikroskop ini.

Mikroskop Bench Top. Mikroskop ini digunakan pada setiap disiplin penggambaran dari pengamatan suatu objek. Mulai dari tekstil hingga peternakan adalah lingkup kerja mikroskop ini. Mikroskop ini sudah dapat melakukan teknik-teknik yang anda pikirkan. Bedanya dengan mikroskop riset, banyaknya teknik yang dapat dilakukan dan dokumentasinya tidak sebaik mikroskop riset yang dapat melakukannya dalam satu set mikroskop.

Sebelumnya dikatakan bahwa mikroskop bench top dapat melakukan teknik yang ada dipikiran pengguna. Benar, namun anda perlu membongkarnya dan memasang fitur-fitur atau modul dengan teknik yang berada dalam pikiran Anda. Sekarang pun sudah banyak fitur pada mikroskop bench top yang memudahkan dan membuat pengguna semakin produktif.

Mikroskop Riset. Mikroskop riset mungkin memang besar dan berat, berkisar 30 – 50 kg. berat karena memiliki sistem optik, sistem mekanik, dan bagian elektronik yang besar. Mikroskop raksasa ini dapat menggunakan banyak kamera, spesimennya pun basar, teknik simultan dengan jangkauan yang luas. Mikroskop ini juga umumnya telah terpasang menjadi satu dengan computer untuk mengatur kamera seperti fokus, pembesaran, pengukuran, dan juga dokumentasi gambar. Mikroskop ini mahal karena dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan mikroskop lainnya.

img-1464334226.jpg


 

 Download PDF

 

 



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar