Laminar dan Lemari Asam (Fume Hood)

Rabu, 18 Mei 2016
Laminar dan Lemari Asam (Fume Hood)

Laminar / Laminar Air Flow

Prinsip kerja dari Laminar Flow Cabinets yaitu mensterilkan udara yang diambil dari ruangan dengan melewatkannya kedalam filter dan menghembuskannya melewati permukaan ruangan kerja sebagai udara bebas partikel. Kecepatan aliran udara laminar sekitar 0.3 – 0.5 m/s. Tujuan dari penggunaan Laminar ini yaitu melindungi produk dari kontaminan yang berasal dari ruangan laboratorium.

Laminar Flow Cabinet atau biasa disebut Clean Bench hanya melindungi produk dari kontaminan, tidak melindungi operator. Selain itu, produk atau sampel yang digunakan bukanlah sampel yang mengandung bahaya biologis (Biohazard) atau bahan-bahan kimia berbahaya yang menguap.

Laminar flow cabinets memiliki dua tipe, tipe horisontal dan vertical. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Pada Laminar Vertikal, keunggulannya yaitu tidak ada masalah bloking karena objek yang diteliti terlalu besar. Kemudian, udara HEPA tidak langsung berhembus ke wajah operator karena alirannya vertical dari atas ke bawah. Sedangkan, keunggulan Laminar horizontal yaitu lebih mudah meletakkan objek sensitive didekat filter HEPA dan tidak ada hembusan debu dari atas yang menuju objek secara langsung.

Fume Hood

Prinsip kerja fume hood atau sungkup asap atau yang bisa disebut juga lemari asam yaitu melepaskan uap materi kimia keluar ruangan atau menyerapnya dengan karbon filter. Tujuan dari penggunaan fume hoods ini yaitu menangani bahan kimia dengan sifat yang mudah menguap , termasuk asam kuat dan basa kuat. Tipe aliran udaranya sekitar 0.40 – 0.60 m/s.

Berbeda dengan Laminar dan Biological Safety Cabinets, Fume Hoods tidak memiliki HEPA filter karena Fume hoods tidak cocok untuk biohazard. Fume hood ini digunakan untuk mengeluarkan racun/toxic kimia yang menguap agar tidak terakumulasi di dalam ruangan atau laboratorium.

Terdapat dua jenis fume hoods yaitu Ducted fume hood dan Ductless fume hood. Perbedaan keduanya yaitu pada Ductless Fume Hoods dilengkapi dengan karbon filter atau arang, sedangkan pada Ducted fume hood tidak, sehingga udara yang keluar dari Ductless fume hood berupa HEPA yang merupakan udara bersih sedangkan udara yang dibuang Ducted fume hood merupakan udara dengan kandungan uap kimiawi.


Download PDF



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar