Cara Membersihkan Glassware

Jum'at, 20 Mei 2016
Cara Membersihkan Glassware


Metode yang tepat dalam membersihkan glassware laboratorium sangat berpengaruh terhadap daya tahan glassware yang dapat bertahan lama dan hasil lab yang sangat baik. Dalam semua kasus labware harus bersih secara fisik dan kimiawi sebelum dan setelah dipergunakan. Kebersihan tersebut meliputi bebas dari lemak dan bebas dari bahan kimia yang tertinggal. Semua kelas A gelas yang digunakan dalam pengukuran yang tepat dari cairan harus memiliki permukaan sepenuhnya terbasahi. Sebuah tes yang baik untuk gelas ukur yaitu menggunakan air suling untuk memastikan seluruh permukaan gelas terbasahi. Minyak atau residu yang tertinggal dalam gelas tidak hanya akan mencemari reaksi dan hasil tes, tetapi juga akan mengubah pengukuran cairan. Praktek pembersihan yang baik juga harus disertai dengan pemeriksaan yang baik pada permukaan kaca meliputi pemeriksaan keretakan atau kelecetan yang dapat menyebabkann kerusakan mekanis.

Pembersihan
Selalu mencuci
glassware segera setelah digunakan. Jika pembersihan secara menyeluruh tidak dilakukan sesegera mungkin, upayakan untuk merendam glassware dalam air bersih. Jika tidak segera dibersihkan beberapa residu mungkin tidak dapat dihilangkan. Sebagian besar glassware baru bersifat sedikit basa dan harus dicuci setelah diterima dari pabrik dan umumnya dapat direndam dalam HCL atau HNO3 1% larutan sebelum dicuci dan dibilas. Tidak perlu merendamnya dengan waktu yang lama dalam larutan alkali kuat karena dapat terjadi kerusakan. Selalu dibilas dengan sabun setelah pencucian dengan asam. Gunakan sikat lembut dengan bahan sikat plastik dan gagang berbahan kayu untuk menghindari abrasi. Jangan menggunakan sikat kawat karena dapat mengikis kaca. Pembersih kaca Alconox adalah yang terbaik karena berbahan tidak kasar. Jika Anda perlu melakukan acid wash, selalu bilas gelas dengan sabun hingga merata. Ada banyak deterjen lab tersedia secara komersial seperti; Mallinckrodt ini KleanAR dan Chem-Solv.

Grease dan lemak sebaiknya dihilangkan dengan mendidihkan glassware dalam larutan lemah natrium karbonat. aseton atau setiap pelarut organik lainnya dapat digunakan juga, dilanjutkan dengan beberapa bilasan air.

 

Untuk noda permanganat dibersihkan menggunakan campuran 3% asam sulfat yang sama dan 3% hidrogen peroksida. Untuk Iron noda menggunakan larutan yang mengandung satu bagian asam klorida dan satu bagian air. Kontaminasi bakteriologis pada glassware/gelas harus direndam dalam larutan desinfektan dan kemudian steam di autoklaf, kemudian dicuci dengan baik dan dibilas.

 

Perhatian: Pastikan Anda lihat MSDS lembar untuk solusi pembersihan dan bahan yang berada di gelas untuk memastikan bahwa tidak akan ada reaksi yang merugikan dari kombinasi bahan.

Ultrasonic Cleaners
Ultrasonics adalah metode yang baik membersihkan
glassware/gelas. Pembersihan menggunakan ultrasonik yang dipanaskan akan menghasilkan tingkat kebersihan yang terbaik dan umumnya dilakukan dengan deterjen ringan sehingga residu dapat terlepas dari gelas. Metode ini biasanya dilakukan di pabrik atau industry.

 

Uap Autoclave atau Sterilisasi yang tepat untuk uap autoklaf dari borosilikat gelas adalah 15-20 menit pada 100-120 ° C. Lakukan dengan menutup tutup autoclave secara longgar selama selama proses berlangsung. Inspeksi harus dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya keretakan selama proses berlangsung.

 



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar