Bagian bagian Mikroskop

Minggu, 12 Juni 2016
Bagian bagian Mikroskop

Mikroskop ditemukan oleh seorang Belanda pembuat kaca mata, Zacharias Janssen, sekitar tahun 1590. Compound Microscope menggunakan lensa dan cahaya untuk memperbesar gambar dan juga disebut mikroskop optik atau cahaya (vs./ mikroskop elektron) . Mikroskop optik yang paling sederhana adalah kaca pembesar dan baik untuk sekitar sepuluh kali (10X) pembesaran.

Compound Microscope memiliki dua sistem lensa untuk perbesaran yang lebih besar,

1) yang okular, atau lensa lensa mata yang satu melihat ke dan

2) lensa objektif, atau lensa yang paling dekat dengan objek. Sebelum membeli atau menggunakan mikroskop, penting untuk mengetahui fungsi masing-masing bagian.

Eyepiece Lens: lensa di bagian atas yang Anda melihat melalui. Mereka biasanya 10x atau 15x kekuasaan.

Tube : Menghubungkan lensa mata ke lensa objektif

Arm : Mendukung tabung dan menghubungkan ke basis

Base : Bagian bawah mikroskop, digunakan untuk dukungan

Illuminator: Sebuah sumber cahaya stabil (110 volt) digunakan di tempat cermin. Jika mikroskop Anda memiliki cermin, digunakan untuk memantulkan cahaya dari eksternal sumber cahaya melalui bagian bawah panggung.

Stage : Platform datar di mana Anda menempatkan slide Anda. klip panggung memegang slide di tempat. Jika mikroskop Anda memiliki Stage mekanik, Anda akan dapat bergerak slide sekitar dengan memutar dua tombol. Salah satu bergerak kiri dan kanan, yang lain bergerak ke atas dan ke bawah.

Revolving Nosepiece atau Turret : Ini adalah bagian yang memegang dua atau lebih lensa objektif dan dapat diputar dengan mudah mengubah perbesaran.

Lensa objektif: Biasanya Anda akan menemukan 3 atau 4 lensa objektif pada mikroskop. Mereka hampir selalu terdiri dari kekuatan 4X, 10X, 40X dan 100X. Bila digabungkan dengan lensa okuler 10X (paling umum), kita mendapatkan jumlah perbesaran dari 40X (4X kali 10X), 100X, 400X dan 1000X. Untuk memiliki resolusi yang baik di 1000X, Anda akan memerlukan mikroskop yang relatif canggih dengan kondensor Abbe. Lensa terpendek adalah kekuatan terendah, lensa panjang adalah lensa dengan kekuatan terbesar.

Rack Stop: Ini adalah penyesuaian yang menentukan seberapa dekat lensa objektif bisa mendapatkan slide. Dibuat oleh pabrik untuk mencegah pecahnya preparat akibat terdorong oleh lensa.

Kondensor Lens: Tujuan dari lensa kondensor adalah untuk memfokuskan cahaya ke spesimen. lensa kondensor yang paling berguna pada kekuasaan tertinggi (400X dan di atas). Mikroskop dengan dalam tahap lensa kondensor membuat gambar yang lebih tajam daripada mereka yang tidak lensa (di 400X). Jika mikroskop Anda memiliki perbesaran maksimum 400X, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal dengan menggunakan kondensor lensa dinilai pada 0,65 NA atau lebih besar. 0.65 lensa kondensor NA dapat dipasang di panggung dan bekerja cukup baik.. Jika menggunakan perbesaran  1000X maka Anda harus memiliki lensa kondensor focusable dengan NA 1,25 atau lebih besar. Kebanyakan mikroskop 1000X menggunakan 1,25 Abbe sistem lensa kondensor. The Abbe lensa kondensor dapat bergerak naik dan turun. Sudah diatur sangat dekat dengan slide di 1000X dan bergerak lebih jauh di lower power.

Diafragma atau Iris: Banyak mikroskop memiliki rotating disk di bawah stage. diafragma ini memiliki ukuran lubang yang berbeda dan digunakan untuk memvariasikan intensitas dan ukuran kerucut cahaya yang diproyeksikan ke atas ke dalam slide. Tidak ada aturan ditetapkan mengenai setting yang akan digunakan untuk perbesaran tertentu. Sebaliknya, pengaturan fungsi transparansi spesimen, tingkat kontras yang Anda inginkan dan lensa objektif tertentu digunakan.

Cara Fokus Mikroskop Anda: Cara yang tepat untuk fokus mikroskop adalah mulai dengan perbesaran terndah lensa objektif  dan sambil melihat dari samping, turunkan lensa dekat dengan spesimen mungkin tanpa menyentuhnya. Sekarang, melihat melalui eye piece dan fokus ke atas hanya sampai gambar tajam. Jika Anda tidak bisa mendapatkannya dalam fokus, ulangi proses lagi. Setelah gambar tajam dengan lensa daya rendah, Anda harus dapat cukup klik pada power lens berikutnya dan melakukan penyesuaian kecil dengan tombol fokus. Jika mikroskop Anda memiliki penyesuaian halus fokus, mengubahnya sedikit harus semua yang diperlukan. Lanjutkan dengan lensa objektif berikutnya dan halus fokus setiap kali.



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar